Produk adalah segala sesuatu yang dapat vditawarkan kepada suatu pasar agar diperhatikan, diminta, dibeli dan dikonsumsi sehingga dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan seseorang.
3 jenis produk berdasarkan kebutuhannya :
- Kebutuhan primer/utama, seperti bahan makanan, bahan papan, materi pendidikan, alat - alat kesehatan
- Kebutuhan sekunder/penunjang, seperti teknologi, rekreasi, hiburan, gaya hidup.
- Kebutuhantersier/pelengkap, seperti kendaraan, kamera, dan lainnya.
A. PRODUK BARANG
ciri - ciri : ada wujudnya, langsung terasa manfaatnya, bisa disimpan dan dibawa kemana saja, memiliki bentuk yang berbeda tergantung fungsinya.
Selain itu, produk barang juga biasanya terdapat dimana - mana dan memiliki banyak pilihan karena dalam proses pembuatannya selalu mengutamakan:
a. selera masyarakat
b. permintaan masyarakat
c. trend dan perubahan yang terjadi
d. kenyamanan dan gaya produk
e. kemudahan dan keamanan
Produk barang ditinjau dari tingkat kecepatan konsumsi :
- Durable goods ( barang tahan lama ), seperti furnitur, kendaraan, alat elektronik, dsb.
- Not Durable goods ( barang tidak tahan lama ) , seperti sabun, shampo, makanan, minuman, dll.
a) Convenience goods
Merupakan barang yang pada umumnya memiliki frekuensi pembelian tinggi (sering dibeli), dibutuhkan dalam waktu segera, dan hanya memerlukan usaha yang minimum (sangat kecil) dalam pembandingan dan pembeliannya. Contohnya antara lain produk tembakau, sabun, surat kabar, dan sebagainya.
b) Shopping goods
Barang-barang yang dalam proses pemilihan dan pembeliannya dibandingkan oleh konsumen diantara berbagai alternatif yang tersedia. Contohnya alat-alat rumah tangga, pakaian, furniture, mobil bekas dan lainnya.
c) Specialty goods
Barang-barang yang memiliki karakteristik dan/atau identifikasi merek yang unik dimana sekelompok konsumen bersedia melakukan usaha khusus untuk membelinya. Misalnya mobil Lamborghini, pakaian rancangan orang terkenal, kamera Nikon dan sebagainya.
d) Unsought goods
Merupakan barang-barang yang tidak diketahui konsumen atau kalaupun sudah diketahui, tetapi pada umumnya belum terpikirkan untuk membelinya. Contohnya asuransi jiwa, ensiklopedia, tanah kuburan dan sebagainya.
B. PRODUK JASA
ciri :
a. tidak berwujud ( intangibility )
b. tidak dapat dipisahkan ( inseparability )
c. berubah - ubah ( variability )
d. daya tahan ( perishability )
Pemilihan produk yang semakin beragam memberikan kita peliang yang luas dalam menentukan pilihan produknya apalagi untuk pembahasan materi ke depan akan lebih ditekankan dengan kategori produk berdasarkan kelompoknya seperti :
a. Produk Rekayasa
b. Produk Kerajinan
c. Prduk Budidaya
d. Produk Pengolahan
B. Analisis Peluang Usaha
Seorang harus berpikir positif dan kreatif dengan cara :
a. percaya bahwa usaha dapat dilaksanakan
b. menerima gagasan baru
c. bertanya pada diri sendiri
d. mendengarkan saran orang lain
e. memiliki etos kerja
f. pandai berkomunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar